11 Tips Merawat Truk Canter Agar Lebih Awet dan Selalu Tampil Prima

Merawat truk Canter tentunya merupakan suatu tindakan yang wajib Anda lakukan, baik selaku pengemudi maupun pemilik kendaraan pengangkut muatan tersebut. 

Selain dengan membawanya ke bengkel, ada beberapa cara sederhana untuk merawat truk Canter yang bisa Anda lakukan sendiri setiap harinya. 

Mengenal Lebih Jauh Tentang Truk Canter 

11 Tips Merawat Truk Canter Agar Lebih Awet dan Selalu Tampil Prima

Mitsubishi Canter merupakan salah satu merk kendaraan pengangkut muatan berbentuk truk ringan yang relatif cukup populer di Indonesia. 

Beberapa di antara Anda barangkali lebih mengenal kendaraan ini dengan sebutan engkel, Colt Diesel atau bahkan Fuso. 

Ciri khas dari truk Canter adalah memiliki kepala atau kabin pengemudi berwarna kuning. Kendaraan tersebut ada yang beroda empat dan ada pula yang enam. 

Berbekal kapasitas mesin dan fisik kendaraannya yang tangguh, truk Canter dapat digunakan sebagai alat angkutan di berbagai macam kegiatan usaha.  

Beberapa jenis sektor usaha yang kerap kali menggunakan kendaraan ini antara lain ekpedisi, distribusi logistik, manufaktur, perkebunan, bahkan juga pertambangan. 

Keunggulan Truk Canter

Truk Canter mempunyai beberapa keunggulan yang membuatnya menjadi kendaraan favorit para pelaku usaha. Beberapa keunggulan dari jenis kendaraan tersebut antara lain: 

  • Mempunyai kapasitas mesin serta daya angkut yang cukup mumpuni untuk memenuhi kebutuhan berbagai jenis sektor usaha dan medan perjalanan. 
  • Hampir semua tipe sudah mempunyai power steering yang membuat sistem kemudinya menjadi lebih ringan sehingga sopir tidak cepat lelah.
  • Memiliki desain interior kabin yang sporty, lapang, serta cukup nyaman untuk ukuran kendaraan pengangkut muatan.  
  • Sudah dilengkapi dengan sejumlah fitur canggih, seperti Tachometer, Tilt, Telescopic Steering, serta kamera mundur. 
  • Sistem audio juga sudah cukup canggih, bahkan mampu support USB dan MP3, sehingga pengendara tidak akan bosan berkendara jauh. 

Spesifikasi Truk Canter dan Kisaran Harganya

Truk Mitsubishi Canter tersedia dalam beberapa macam tipe dan varian. Masing-masing memiliki kapasitas mesin dan fisik kendaraan yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. 

Berikut sekilas informasi mengenai tipe dan varian truk Canter yang bisa Anda pilih:  

Canter 110 PS 

Sesuai namanya, Canter 110 PS memiliki mesin berkapasitas 110 PS pada putaran 2,900 rpm dengan torsi 29.8 kg.m(1.600 rpm). 

Kelebihan tipe ini adalah lincah dan gesit di medan beraspal, serta memiliki dimensi yang cocok untuk jalanan perkotaan. 

Tipe Canter ini terdiri dari dua varian, yakni FE 71 yang beroda empat serta FE73 yang beroda enam. 

Kebanyakan orang sering kali menyebut tipe FE 71 dengan sebutan engkel dengan harga jual berkisar antara Rp320.000.00. 

Tipe ini terdiri dari 3 sub-varian, yakni FE 71 Std (belum memiliki power steering), FE 71 PS, dan FE 71 Long (ukuran casis lebih panjang). 

Sementara itu, FE 73 yang kapasitasnya lebih besar kerap mendapat sebutan dobel karena beroda enam. Harga jualnya sekitar Rp370.000.000. 

Canter 125 PS 

Seperti Canter 110 PS tipe FE 73, Canter 125 PS juga memiliki enam roda. Hanya saja, kapasitas mesinnya lebih besar (125 PS pada 2.900 rpm). 

Dengan begitu, otomatis daya angkut Canter 125 PS pun lebih besar (mencapai 5,8 ton). Tipe ini hanya memiliki satu varian, yakni FE 74. 

Meski begitu, FE 74 memiliki 3 sub-varian, yaitu:

  • FE 74 S (unggul di jalan aspal)
  • FE 74 HD (unggul di tanjakan), dan 
  • FE 74 Long (casis lebih panjang, cocok untuk medan beraspal)

Harga ketiga sub-varian Canter 125 PS tipe FE 74 ini sekitar Rp380.000.000 – Rp390.000.000. 

Canter 136 PS 

Keunggulan utama tipe Canter 136 PS ini adalah tangguh dalam menempuh medan ekstrim yang berbatu, berlumpur, curam, atau menanjak. 

Selain itu, kapasitas mesin dan muatannya pun lebih besar ketimbang tipe Canter yang lain (beban maksimum mencapai 6,2 ton). 

Canter 136 PS memiliki tiga varian, yakni FE Super HD, FE Super HDX, dan FE 84 HDL. 

Perbedaan di antara ketiga varian ini terletak pada angka final gear ratio yang menentukan tingkat ketangguhannya di medan ekstrim. 

Varian FE Super HD atau FE SHD memiliki final gear ratio yang relatif paling kecil dan paling cocok untuk medan beraspal. 

Sementara itu, FE Super HDX lebih ungul di tanjakan sedangkan FE 84 HDL paling tangguh untuk off-road.  

Harga ketiga varian Canter tipe 136 PS ini masing-masing hampir mencapai Rp400.000.000. 

Mempelajari Cara Merawat Truk Canter Supaya Lebih Awet

Agar selalu awet, Anda tentunya perlu merawat truk Canter yang Anda miliki tersebut dengan teliti dan seksama. 

Petunjuk mengenai tata cara perawatan truk Canter ini biasanya juga bisa Anda temukan tercantum dalam buku panduan servis kendaraan. 

Secara umum, cara merawat truk Canter untuk jenis kendaraan engkel maupun dobel bisa dibilang relatif sama, antara lain: 

Biasakan untuk selalu memanaskan mesin truk sebelum menggunakannya

Terkadang, karena buru-buru, Anda selaku pengemudi bisa jadi langsung menjalankan truk tanpa memanaskan mesin kendaraan itu terlebih dahulu. 

Hal ini sangat tidak disarankan karena dapat membuat mesin truk Canter tersebut menjadi tidak awet dan lebih cepat rusak. 

Perlu Anda ketahui bahwa dengan melakukan pemanasan, Anda memberi kesempatan bagi oli untuk melumasi komponen-komponen yang terdapat dalam mesin kendaraan. 

Dengan begitu, gesekan antara komponen-komponen tersebut akan berlangsung dengan lebih smooth sehingga mesin pun bisa lebih awet. 

Jadi, biasakanlah untuk selalu memanaskan mesin truk Anda, setidaknya selama 10 menit, sebelum mengoperasikannya ke jalan. 

Perhatikan kualitas oli mesin yang Anda gunakan

Kualitas oli sangatlah penting untuk menjamin kondisi komponen mesin kendaraan Anda selalu terpelihara dan kinerjanya pun optimal.

Untuk merawat truk Canter agar kondisi mesinnya lebih awet, sebaiknya gunakanlah oli mesin yang sesuai dengan rekomendasi KTB (ATPM). 

Perhatikan kondisi, kebersihan, dan kesesuaian kapasitas aki (baterai) 

Aki yang bermasalah akan menyebabkan fungsi kelistrikan kendaraan terganggu. Salah satu dampak yang paling sering terjadi adalah kendaraan itu menjadi sulit distarter. 

Rutin memanaskan truk meskipun sedang tidak hendak digunakan dapat membantu mencegah agar aki kendaraan itu tidak cepat tekor.  

Selain itu, Anda juga perlu rutin membersihkan aki tersebut agar terminalnya tidak tertutup debu, kotoran, jamur, maupun sisa-sisa air aki. 

Jika Anda kebetulan hendak memasang perangkat audio tambahan, pastikan kapasitas aki kendaraan tersebut masih mencukupi. 

Bersihkanlah filter udara secara berkala

Debu merupakan musuh utama dari mesin diesel karena dapat menyebabkan pada permukaan ring piston beserta silinder. Akibatnya, ruang bakar kendaraan akan menjadi lebih cepat aus. 

Untuk mencegah terjadinya hal itu, Anda perlu rutin membersihkan filter udara truk Canter yang bermesin diesel. Pembersihan itu sebaiknya Anda lakukan minimal setiap 20km. 

Periksalah kondisi dan kebersihan filter solar

Sama halnya seperti filter udara, filter solar pun harus Anda jaga dan perhatikan dengan seksama kondisi kebersihannya. 

Pasalnya, filter solar yang rusak atau tersumbat oleh kotoran dapat mengakibatkan part kendaraan yang lain ikut mengalami kerusakan. 

Jadi, Anda perlu lebih sigap dalam mengantisipasi kemungkinan permasalahan yang timbul pada filter solar truk Canter Anda. 

Jika sampai terlambat mendeteksi persoalan ini, bisa jadi Anda nantinya harus melakukan perbaikan lebih. Hal ini tentunya akan memboroskan lebih banyak waktu dan biaya. 

Pihak bengkel umumnya akan menyarankan Anda untuk mengganti filter solar tersebut secara berkala, biasanya saat Anda melakukan servis rutin. 

Perhatikanlah keseimbangan pedal gas saat berkendara

Truk Mitsubishi Canter telah memiliki fitur Tachometer yang berfungsi sebagai alat pengukur RPM kendaraan. Pengemudi bisa menggunakannya sebagai acuan untuk mengatur pedal gas. 

Penggunaan pedal gas yang sesuai dan stabil tidak hanya akan bisa membuatnya lebih awet, tetapi juga lebih menghemat penggunaan solar. 

Hindari kebiasaan mengisi tangki bahan bakar setelah benar-benar kosong 

Ketika tangki bahan bakar sudah benar-benar kosong, kemungkinan besar akan terjadi pengembunan yang bisa menyebabkan kerusakan pada komponen filter solar. 

Selain itu, kondisi tangki yang sudah kosong sepenuhnya itu dapat menimbulkan masalah pada injection pump. Biasanya, Anda harus memompanya lebih dulu jika sampai kehabisan solar. 

Untuk menghindari resiko terjadinya masalah ini, sebaiknya Anda segera mengisi ulang solar begitu sisa bahan bakar tinggal sepertiga bagian.

Hindari membawa muatan melebihi kapasitas kendaraan

Masing-masing truk Canter memiliki spesifikasi yang telah dirancang sedemikian rupa agar mampu mengangkut muatan dengan kapasitas tertentu. 

Oleh karena itu, sangat disarankan agar Anda tidak memuati truk itu dengan beban yang melebihi kapasitasnya (over-load). 

Truk yang harus mengangkut beban berlebih umumnya tidak akan bisa beroperasi secara maksimal, bahkan cenderung lebih cepat rusak. 

Salah satu komponen yang paling sering terdampak akibat kondisi over-load ini adalah kampas rem, yang cenderung menjadi lebih cepat aus. 

Hal ini tentunya akan membahayakan keselamatan Anda saat berkendara. Jadi, Anda perlu juga merawat truk Canter dengan cara rutin memeriksa kondisi kampas remnya. 

Merawat truk Canter dari lumpur dan kotoran yang melekat di badan kendaraan

Dalam menjalankan aktivitas operasionalnya, truk tentu beresiko terpapar aneka macam debu, kotoran, bahkan lumpur dan air hujan. 

Jika Anda biarkan, lumpur dan kotoran yang melekat lama pada badan truk itu dapat mempengaruhi kualitas cat bahkan menimbulkan karat. 

Jadi, usahakanlah untuk mencuci truk tersebut secara berkala, terutama jika kendaraan itu baru saja terpapar lumpur dan air hujan. 

Lakukan pemeriksaan harian secara rutin (daily inspection)

Sebelum berkendara, ada baiknya Anda membiasakan diri untuk memastikan kesiapan truk untuk beroperasi. Dengan begitu, kondisi kendaraan itu akan lebih terjaga dan tidak cepat rusak. 

Beberapa aspek kendaraan yang perlu Anda periksa secara rutin sebelum berkendara antara lain kondisi air radiator, tekanan angin ban, dsb. 

Selain merupakan bagian dari perawatan rutin, hal ini juga akan sangat berpengaruh terhadap keamanan serta kenyamanan Anda dalam berkendara. 

Lakukanlah servis rutin sesuai ketentuan buku panduan kendaraan

Dalam buku servis umumnya juga tercantum jadwal perawatan rutin ke bengkel yang perlu untuk masing-masing jenis truk Canter tersebut. 

Jadi, bawalah tersebut ke bengkel kepercayaan sesuai jadwalnya untuk memastikan semua komponen masih beroperasi dengan baik dan aman untuk digunakan. 

Dengan merawat truk Canter secara cermat, niscaya kondisi kendaraan Anda tersebut akan selalu prima dan siap untuk dipakai menjemput rezeki.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
Bantuan & Konsultasi