Agar Tetap Aman, Ini 8 Tips Merawat Mobil Dump Truck Hino

Dump truck adalah salah satu kendaraan yang berfungsi untuk mengangkut barang industri. Untuk menjaga performa dump truck Hino tetap dalam kondisi baik, Anda harus mengetahui tips merawat mobil dump truck hino yang tepat.

Mobil dump truck ini memang sudah sangat terkenal di tengah masyarakat. Pasalnya, truck Hino ini menjadi transportasi andalan untuk meningkatkan produktivitas suatu perusahaan. Namun, kinerjanya harus diiringi dengan perawatan mobil dump truck hino.

Tips Merawat dan Menjaga Truck Hino

ilustrasi dump truck hino image by Google

Butuh perawatan mobil dump truck yang tepat untuk menjaga performa truck Hino. Semakin baik performanya, semakin baik pula produktivitas suatu perusahaan. Maka dari itu, berikut beberapa tips untuk merawat truck Hino.

1. Pentingnya Memanaskan Mesin

Seringkali tahap memanaskan mesin diabaikan oleh driver karena dianggap membuang-buang bahan bakar. Namun, memanaskan mesin selama 10 menit menjadi salah satu faktor untuk merawat mesin truck Hino.

Dengan memanaskan mesin sebelum digunakan, mesin truck Hino lebih siap untuk digunakan. Selain itu, oli juga memiliki waktu untuk melumasi mesin yang tidak bekerja selama beberapa waktu.

2. Menggunakan Bahan Bakar yang Berkualitas

Bahan bakar merupakan komponen utama bagi semua kendaraan. Tahukah Anda kalau bahan bakar ternyata berperan aktif dalam menentukan umur mesin kendaraan? Meskipun harga bahan bakar saat ini sedang kurang bersahabat, sebisa mungkin bagi Anda untuk tetap menggunakan bahan bakar berkualitas.

Solar yang berkualitas memiliki kandungan cetane number yang tinggi dan sulfur yang rendah. Kandungan sulfur yang tinggi dapat berdampak buruk terhadap mesin. Seperti merusak injektor dan membuat kotor ruang pembakaran mesin sehingga proses pembakaran menjadi tidak sempurna.

3. Jangan Membiarkan Truck Kehabisan Bahan Bakar

Apabila solar di tangki sudah mencapai ⅓ dari kendaraan Anda, sebisa mungkin untuk segera membawa kendaraan Anda ke SPBU untuk mengisi bahan bakar.

Jika Anda membiarkan truck hingga kehabisan bahan bakar, bukan tidak mungkin injeksi pump mobil menjadi rusak. Apabila hal ini terjadi, Anda harus membawa truck untuk melakukan perbaikan dan pemeriksaan di bengkel resmi.

4. Menggunakan Oli yang Direkomendasikan

Begitu banyak oli yang ada di pasaran. Mana yang harus Anda pilih? Anda bisa menggunakan oli yang pabrik buat. Fungsinya agar Anda menggunakan oli yang tepat untuk menjaga mesin kendaraan Anda.

Selain itu, lakukan pengecekan secara berkala terhadap volume oli agar selalu tercukupi. Pasalnya, oli mampu menjaga panas mesin dan juga mengurangi kemungkinan aus pada mesin truck Hino.

5. Mengganti Filter Bahan Bakar dan Udara

Jangan lupa untuk memperhatikan jarak tempuh kendaraan Anda. Apabila sudah mencapai jarak 20.000 kilometer, ada baiknya bagi Anda untuk mengganti filter solar truck.

Selama proses penggunaan, filter yang fungsinya sebagai penyaring pastinya menjadi alat yang paling mudah kotor di suatu kendaraan. Penyaringan air, kotoran, atau debu ini berfungsi agar proses pembakaran di ruang mesin tetap terjaga.

Berbeda dengan filter udara. Filter ini harus Anda ganti apabila sudah mencapai jarak tempuh 10.000 kilometer. Khususnya bagi truck yang sering dipakai di daerah pertambangan atau pembangunan yang erat dengan banyaknya debu.

Paparan debu sangat mudah masuk ke dalam ruang pembakaran. Apabila debu terus-menerus masuk tanpa diganti atau dibersihkan, performa mesin pastinya akan terganggu.

6. Rutin Membersihkan Komponen Hidrolik

Sistem Hidrolik sebagai sumber penggerak mesin juga harus rutin Anda bersihkan sebagai bentuk pemeliharaan dump truck. Hal ini dilakukan untuk menjaga kinerja truck dan jangan lupa untuk mengecek kebocoran agar tidak membahayakan pengguna truck nanti.

7. Memperhatikan dan Membatasi Banyak Muatan Truck

Meskipun fungsinya adalah untuk mengangkut beban, dump truck juga memiliki batas muatan. Muatan yang berlebihan tentu memiliki dampak terhadap kesehatan mesin truck itu sendiri.

Selain tentang mesin, membawa beban yang berlebihan juga bisa membahayakan pengemudi serta pengguna jalan lainnya. 

8. Jangan Mematikan Mesin Secara Mendadak

Mungkin Anda berpikir bahwa mematikan mesin dengan segera saat sudah tidak dipakai adalah langkah yang tepat. Namun, mematikan mesin saat suhu masih panas atau secara mendadak dapat merusak kesehatan mesin mobil. Sebaiknya Anda menunggu hingga mesin menjadi normal sebelum mematikannya. 

Melakukan Preventive Maintenance

Meskipun Anda bisa mengecek kondisi kendaraan secara pribadi, ada baiknya melakukan preventive maintenance pula. Preventive maintenance adalah tindakan pemeliharaan yang sudah terjadwal.

Jika Anda memiliki jadwal perawatan dump truck, Anda bisa mengantisipasi masalah-masalah yang mungkin belum terdeteksi oleh Anda. Dengan service berkala truck Hino ini Anda bisa lebih dulu menyelesaikan masalah sebelum masalah tersebut hadir.

Perawatan yang harus Anda lakukan secara harian adalah mengecek rem dan juga air radiator mesin. Kemudian untuk pemeriksaan mingguan, Anda bisa mengecek aki serta hal yang berhubungan dengan listrik kendaraan.

Dan perawatan bulanan yang bisa Anda lakukan adalah mengganti pelumas mesin dan mengganti kampas rem kendaraan Anda.

Merawat Dump Truck Setelah Reparasi

Setelah Anda melakukan perbaikan atau reparasi kendaraan, Anda tetap harus menggunakan kendaraan besar ini dengan hati-hati. Pasalnya, penggunaan truck yang tidak seharusnya dapat membuat truck menjadi lebih cepat rusak.

Apalagi jika Anda membiarkan truck membawa muatan yang melebihi batas maksimal. Hal ini akan mempersingkat umur mesin truck tersebut. Selain itu, ada kemungkinan kontrol kendaraan menjadi semakin berkurang dan akan menyebabkan kecelakaan.

Kemudian, Anda harus selalu ingat bahwa dump truck adalah kendaraan yang berat. Pastikan agar area di sekitar truck sudah steril sebelum menaikan bak dump ke atas mobil. Ada kemungkinan mobil akan terbalik pada saat bak dinaikkan.

Dan hal yang paling penting adalah membersihkan kotoran, debu, dan kerikil yang menempel di kendaraan pada saat meninggalkan loading. Selain dapat merusak mesin mobil, kendaraan yang kotor juga membahayakan bagi kendaraan yang ada di belakangnya pada saat berkendara.

Rekomendasi Tempat Service Dump Truck

Truck yang bermasalah memang cukup membuat sulit. Produktivitas perusahaan sudah pasti terhambat karena terkendala oleh performa truck tersebut.

Jika Anda memiliki kendala dengan truck Anda, Anda bisa menghubungi Mantap Jaya Auto Truck. Kami memberikan layanan reparasi truck dengan waktu dan biaya yang terjangkau.

Berlokasi di Jakarta, kami merupakan spesialis dunia truck yang aman dan terpercaya. Beroperasi sejak tahun 2011, kami sudah bekerja sama dengan banyak perusahaan dan memiliki banyak projects dalam merawat truck dan sejenisnya.

Selain memperbaiki, kami juga melayani jual, beli, dan sewa kendaraan jika Anda membutuhkan. Untuk informasi lebih lanjut tentang kami, Anda bisa menghubungi kami melalui klik di sini.

Kami berharap Anda akan menjaga kendaraan Anda dengan baik setelah mengetahui tips merawat mobil dump truck hino. Perawatan yang tepat pastinya akan memperpanjang umur mesin. Dan lebih daripada itu, menjaga diri pengguna mobil serta pengendara lainnya di jalanan agar terhindar dari marabahaya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
Bantuan & Konsultasi